Korelasi Bahasa Verbal Dan Numerik Al-Qur'an


Assalamu'laikum warahmatullohi wabarakatuh para sahabat setia pembaca blog kami, dalam kesempatan ini atau dalam postingan kali ini admin akan memberikan ulasan dan informasi tentang Korelasi Bahasa Verbal dan Numerik Al-Qur'an dan juga akan dibahas mengenai perbedaan dan persamaan pemahaman tentang Al-Qur'an antara paradigma verbal dengan numerik.


Seperti yang sudah dinyatakan sebelumnya, bahwa bahasa verbal dapat dengan mudah membawa kita pada persepsi kulturan yang sempit, selain dari persepsi kultural, persepsi juga lahir dari berbagai macam paradigma ilmiyah, karena dibalik sebuah paradigma tersembunyi dengan berbagai macam kepentingan. 

Dari perpedaan-perbedaan yang ada lantas berkembang sedekimian rupa, sehingga membentuk berbagai madzhab, yang semakin meneguhkan kepentingan tersebut. Tetapi bila semua persepsi verbal dikombinasikan dengan numerik sebagaimana yang dianjurkan, Insyaallah kita akan mendapatkan hasil yang berbeda, selruh nuansa baru, atau bahkan suatu pencerahan. Seperti yang diutarakan dalam QS. 5 Al Maidah ayat 16 : 

"Dengan kitab itulah Allah memberi petunjuk kepada orang yang mengikuti keridhaanNya kejalan keselamatan, dan (dengan kitab itu pula) Allah mengeluarkan orang itu dari gelap gulita kepada cahaya dengan ijinNya, dan menunjukan kejalan yang lurus".

Dan QS. 14 Ibrahim ayat 1:

"Alif Lam Ra (ini adalah) Kitab yang Kami turunkan kepadamu (Muhammad) agar engkau mengeluarkan manusia dari kegelapan kepada cahaya terang benderang dengan izin Tuhan, (yaitu) menuju jalan Tuhan Yang Maha Perkasa, Maha Terpuji."

Persamaan Dan Perbedaan Pemahaman Tentang Al-Qur'an Antara Paradigma Verbal Dengan Numerik


PARADIGMA
VERBALNUMERIK
SejarahWahyu Allah yang diturunkanidem
kepada Muhammad SAW
FungsiPetunjuk dan Rahmat :Idem
1. Akhlaq
2. Ilmu Pengetahuan
FormatMushaf Ustmani dengan ber-Mushaf Ustmani dengan 10
bagai variasi formatkarakter khusus (baca di
ciri-ciri Al-Qur'an 18 baris)
PendekatanTekstual dan KonstekstualTekstual dan Konstekstual,
strktural dan simbolik
Hasil yang didapatPemahaman TeoritisPemahaman Teoritis dan
manfaat praktis
Hubungan RealittasParalelIntegral,
sebagai blue print

Demikian pembahasan tentang Korelasi bahasa verbal dan numerik Al-Qur'an yang admin sampaikan. semoga bisa menambah wawasan dan menambah kecintaan terhadap Al-Qur'an. Ikuti pembahasan kami, jangan lupa baca artikel yang lainnya diblog kami. Terima kasih dan semoga bermanfaat. Amiin