Pesan Yang Tersirat Di Dalam Al-Qur'an

Assalamu'alaikum Warahmatullohi wabarakatuh ...

Seperti kita ketahui bersama bahwa komposisi utama Al-Qur'an adalah 30 Juz, 114 Surat , dan 6236 Ayat. Banyak sekali periatiwa diturunkannua Al-Qur'an baik berupa ayat, tempat, dan waktu diturunkannya ternyata menjelaskan tentang isi Al-Qur'an itu sendiri. Seperti peristiwa turunnya wahyu pertama di Gua Hiro yang diturunkan pada tanggal 17 Ramadhan, dan terjadinya Malam Lailatul Qodar.

Pesan Yang Tersirat Di Dalam Al-Qur'an

Goa Hiro adalah tempat dimana diturunkannya Wahyu pertama Al-Qur'an dan surat yang pertama diturunkan yaitu Al-Alaq.

Mari kita simak penjelasan tentang Pesan Yang Tersirat Di Dalam Al-Qur'an dibawah ini:

- Surat Al-Kahfi (GUA) adalah urutan surat ke 18
- Surat Al-Alaq (Segumpal Darah) adalah urutan surat ke 96
Jadi jika kita jumlahkan nominal diatas, akan ketemu hasilnya adalah 114, dari hasil penjumlahan 18 + 96 = 114
Dan Ternyata jumlah 114 adalah Jumlah surat dari keseluruhan Al-Qur'an.

Peristiwa wahyu diturunkannya Al-Qur'an yaitu pada tanggal 17 Ramadhan, hal ini sangat berkaitan erat dengan malam kemulyaan yaitu malam Lailatul Qodar. Hal ini dapat dibuktikan dengan pembahasan dibawah ini :

- Surat Al-Isro adalah urutan surat ke 17
- Surat Al-Qodr adalah urutan surat ke 97
Jadi jika kita jumlahkan nominal angka diatas, akan ditemukan hasil 114. Dan ternyata jumlah 114 adalah jumlah keseluruhan surat dalam Al-Qur'an.

Mengapa pada surat Al-Alaq itu sendiri hanya 5 ayat saja yang pertama kali diturunkan? ... Padahal total dari surat tersebut adalah 19 ayat. Lalu pertanyaan yang timbul, mengapa tidak diturunkan sekaligus saja?. Adakah memiliki pesan tertentu?

Allah berfirman dalam surat Ke 17, Surat Al-Isro ayat 106 :

"Dan Al-Qur'an itu telah kami turunkan dengan berangsur-angsur agar kamu membacanya perlahan-lahan kepada manusia dan Kami menurunkannya bagian demi bagian"

  • Pada 5 Ayat pertama, menegaskan pentingnya "Membaca" dengan Nama Sang Pencipta" agar manusia menyadari karunia "Pengetahuan".
  • Dan 14 Ayat berikutnya, berisi penegasan atas hal-hal yang sangat problematis dalam kehidupan, resiko dari perbuatan dan sikap yang harus dipilih oleh manusia.
Adapun yang berhubungan dengan angka 5 (Lima) antara lain :

1. 5 Waktu Sholat Fardhu
2. 5 Rukun Islam
3. 5 Induk dari Al-Mushaf, 4 diantaranya dikirim ke Mekkah, Syiria, Basrah, Kuffah, dan yang 1 Mushaf lagi untuk Khalifah Ustman sendiri.

Simak juga tentang kemukjizatan Qur'an mengenai fakta-fakta Al-Qur'an secara ilmiyah. Terima kasih atas kunjungannya. Semoga dapat memetik hal yang positif dipembahasan ini. Amiin