Cara Mengetahui Tanda-Tanda Alloh Lewat Juz

Cara Memahami Tanda-Tanda Alloh Lewat Juz, Banyak sekali ayat dalam Al-Qur’an yang memerintahkan manusia untuk senantiasa mengamati tanda-tanda yang ada pada diri sendiri dan tanda yang ditunjukan oleh alam.
Simak QS. AI Fushilat (41) : 53
“Kami akan memperlihatkan kepada mereka tanda-tanda kekuasaan Kami disegenap penjuru dan pada diri mereka sendiri, sehingga jelaslah bagi mereka bahwa Al-Qur’an iru adalah benar. Dan apakah Tuhanmu tidak cukup (bagi kamu) bahwa sesungguhnya Dia menyaksikan segala sesuatu?”




Al-Qur’an mampu menjelaskan segala sesuatu, marilah simak QS.An Nahl (16) : 89.

“(Dan ingatlah) akan hari (ketika) Kami, bangkitkan pada tiap-tiap umat seorang saksi atas mereka dan mereka sendiri, dan Kami datangkan kamu (Muhammad) menjadi saksi atas seluruh umat manusia. Dan Kami turunkan kepadamu Al Kitab (AI-Qur’an) untuk menjelaskan segala sesuatu dan petunjuk serta rahmat dan kabar gembira bagi orang-orang yang berserah diri “.

Jadi Al-Qur’an juga harus mampu menjelaskan llmu Psikologi, ilmu ini salah satunya berdasarkan susunan pembagian Juz itu sendiri.

Dalam Al-Qur’an pun Allah memberikan kemudahan manusia untuk mempelajari Al-Qur’an. Simak QS Al Qomar (54) : 17, 22, 32, dan 40.

“Dan sesungguhnya telah kami mudahkan Al-Qur’an untuk pelajaran, maka adakah orang yang mau mengambil pelajaran ? “

Bagaimanakah meng-artikan surat  dan ayat ?

Contoh : Anda kesulitan dalam membaca ayat ke 14 dari surah An-Nahl. Untuk mengartikan gunakan arti angka dan interprestasikan nama surah atau membaca terjemah. Karena ‘Ain ke 14 artinya Rencana, dan surah An-Nahl artinya Lebah. Lebah adalah binatang yang sensitif terhadap perubahan lingkungan. An Nahl adalah surah ke 16, sedangkan ‘Ain ke 16 adalah memiliki arti Dasar.

Dari contoh diatas, bisa diartikan bahwa orang tersebut sensitif dalam menanggapi sebuah rencana. Atau rencana yang sedang ia susun perlu landasan (dasar) yang jelas, agar tidak terjadi masalah dalam pelaksanaannya.

Itulah isyarat yang diberikan Allah SWT melalui Al-Qur’an.

MENGENAL KARAKTER PETUNJUK ILAHI

AYAT mewakili                  : “Hukum & Peraturan”.

SURAH mewakili               : “Alam”

JUZ mewakili                      : “Manusia”

Metodenya bisa melalui arti surah, kata awal juz bercetak tebal, atau melalui tanda ‘Ain.

Landasan Filosofi Konsep Juz

Alam semesta diciptakan Allah secara teliti, cermat dan penuh perhitungan (QS. Anissa [4] : (86). Tidak ada sesuatu apapun di alam semesta kecuali dalam timbangan dan hitungan yang sangat teliti dan seimbang (QS. AI-Mulk [67] : 3).

Tidak terkecuali alam semesta, Al-Qur’an pun disusun dengan timbangan dan hitungan yang teliti, seimbang dan menakjubkan.
Al-Qur’an selain berfungsi sebagai petunjuk menuju keselamatan juga sebagai peta dan panduan untuk mengenal alam semesta dan manusia.
Kesempurnaan Al-Qur’an bukan hanya sekedar petunjuk ke jalan yang lurus, namun juga mengandung isyarat pesan psikologis manusia, dengan merujuk kepada parameter yang didapat dari Al-Qur’an dapat diketahui berbagai potensi serta karakter dasar manusia .

Ada indikasi surat-surat yang mempengaruhi potensi dan karakter manusia berfungsi sebagai master dasar (cetakan) potensi dan karakter dasar manusia. Dengan demikian, surat tersebut menjadi media yang ter-akurat untuk mengetahui dan mengenal manusia lebih jauh tentang berbagai hal dirinya.
Al-Qur’an adalah mukijizat abadi yang telah terbukti dan dapat dibuktikan kemukjizatannya terlebih secara Qur’ani. Al-Qur’an memiliki potensi supranatural dan daya penyembuh baik lahir maupun bathin.

Dengan mengamalkan surat-surat yang mendukung JUZ, berarti mengoptimalkan potensi diri, memperbaiki sistem kerja atau metabolisme tubuh dari kerusakan/kecelakaan. Serta menjadi penyalur energi Ruh atau Al-Qur’an yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan yang positif.
Memberdayakan potensi Juz adalah ihktiar untuk hidup lebih baik dan bermakna serta sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah.

Demikian Sekilas berbagi informasi tentang Cara Memahami Tanda-Tanda Alloh Lewat Juz, semoga bermanfaat. Ikuti update terbaru kami, terima kasih sudah berkunjung.